URGENSI ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (PONDOK PESANTREN)
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang hakikat Lembaga Pendidikan Islam (LPI) khususnya pondok pesantren dan analisis lingkungan internal serta urgensi analisis lingkungan internal di lembaga pendidikan Islam (Pondok Pesantren). Penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis library research mengumpulkan dan menganalisis serta mengambil kesimpulan dari beberapa buku, jurnal, artikel, dan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, LPI khususnya pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan tertua yang telah memberikan kontribusi bagi nusa dan bangsa, menjadi LPI yang mampu beradaptasi dengan situasi, kondisi, dan lingkungan baik internal maupun eksternal. Kedua, hakikat analisis lingkungan internal LPI khususnya pondok pesantren mengkaji tentang kekuatan diantaranya dari segi kepemimpinan, keikhlasan atau rasa jihad fisabilillah, dan organisasi yang lebih bersifat kekeluargaan. Adapun beberapa kelemahan LPI menunjukkan tentang keuangan, sarana dan prasana dan lain-lain. Ketiga, urgensi analasis lingkungan internal bagi LPI khususnya bagi pondok pesantren sangat penting guna menjadi LPI yang unggul, analisis lingkungan internal juga mengkaji tentang kurikulum, ketenaga kerjaan, sarana dan prasarana, keuangan, kegiatan belajar dan mengajar dan kompetensi lulusan, hal ini penting dalam mengembangkan visi dan misi lembaga
References
Hadi, A., “Konsep Analisis SWOT dalam Peningkatan Mutu Lembaga Madrasah”. Dalam: Jurnal Ilmiah Didaktika, (14) 1, (Agustus 2013 )
Hidayatullah, A.T., (et.al.), “Sejarah Lembaga Pendudukan Islam (Madrasah) dan Perkembangannya di Indonesia”. Dalam: Jurnal Mahasiswa, (4)3, (2022)
Atsari, A.R.N., “Analisis factor Internal dan faktor Eksternal Pengorganisasian dalam Lembaga Pendidikan Islam”. Dalam: Jurnal Al-Khair, (1)1, (Juni 2021)
Anwar, A. (et.al.), “Kurikulum dan Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren Salaf”. Dalam: Jurnal Ilmiah Global Education, (4)2, (2023)
Febriyanti, A., “Scanning Lingkungan Eksternal Dan Internal Lembaga Pendidikan Islam”. Dalam: Jurnal Kependidikan, (3)2, (November 2015)
Kholifah, A., “Strategi Pendidikan Pesantren Menjawab Tantangan Sosial di Era Digital”. Dalam: Jurnal Basicedu, (6)3, (2022)
Anisa, C.A. & Rahmatullah, “Visi Dan Misi Menurut Fred R. David dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Dalam: Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, (Maret 2020)
Muhtarom, D.A, (et.al.), “Lembaga Pendidikan dalam Peradaban Islam”. Dalam: Idarah tarbawiyah : Journal of Manajement In Islamic Education, (4)1, (Mei 2023)
Ramdhani, D., (et.al.), “Peran Kepemimpinan Kyai Pada Organisasi Lembaga Pesantren di Ponpes Asyrofuddin Conggeang Kab. Sumedang”. Dalam: Nidhomiyyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, (4)1, (2023)
Nabila, D.F. (et.al.), “Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia”. Dalam: Jurnal Pemikiran dan Ilmu Keislaman. (2)2, (2019)
Sigit, H., Manajemen Strategi dan Resiko, (cet 1), (Sidoarjo : UMSIDA Press, 2020)
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/lembaga. (diakses tanggal 21 Agustus 2023)
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan. (diakses tanggal 21 Agustus 2023 )
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Islam. (diakses tanggal 21 Agustus 2023)
https://indonesia.go.id/profil/agama (diakses tanggal 21 Agustus 2023)
Munardji, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, (Jakarta : Alim’s Publishing, 2019)
Kholis, N., Manajemen Strategi Pendidikan (Formulasi, Implementasi dan Pengawasan), (cet 1). (Surabaya: UIN SA Press, 2014)
Adib, M.A., “Konsep Keluarga Qurani dan Aktualisasinya Melalui Pendidikan Infromal”. Dalam: El- Sanadi : Journal of Islamic Studies and Education, (1)1 (2023)
Dewi, M.S., “Analisis Lingkungan Internal”. Dalam: Journal Of Education, (2)1, (Februari 2022)
Siswopranoto, M. F., “Standar Mutu Pendidikan”. Dalam: Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikakn Islam. (6)1, (Maret 2022)
Nihwan, M. (et.al.), “Tipologi Pesantren (Mengkaji Sistem Salaf dan Modern)”, dalam: Jurnal JPIK, (2)1, (Maret 2019)
Munardji, Manajemen lembaga pendidikan Islam, (Jakarta : Alim’s Publishing, 2019)
Binti, N., “Analisis Lingkungan Lembaga Pendidikan Islam”. Dalam: Jurnal Tarbiyatuna, (2)1, (Januari 2017)
Rustianah, N., et.al.), “Konsep Manajemen Mutu Pendidikan”. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, (4)1, (Juni 2022)
Kanada, R., (et.al.), “Startegi Sekolah dalam Meningktakan Mutu Lulusan : Usaha Sekolah Bertahan Dalam Persaingan”. Dalam: El-Idare : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, (8)2, (2022)
Mahrisa, R., (et.al.), “Pesantren dan Sejarah Perkembangannya di Indonesia”, dalam: Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, (13)2, (Desember 2020)
Fitri, R., (et.al.), “Pesantren di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter”. Dalam: Jurnal Al- Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, (2)1, (Juni 2022)
Nasution, S., “Pesantren: Karakteristik dan Unsur-unsur Kelembagaan”. Dalam: Tazkiya Jurnal Pendidikan, (8)2, (Juli-Desember 2019)
Suherman, “Interaksi Lembaga Formal dan Informal dalam Organisasi. Dalam: Jurnal Kajian Administrasi Dan Pemerintahan Daerah, (10)6, (Maret 2017)