MODEL KEPEMIMPINAN DIREKTUR AL IZZAH MALANG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH

  • Noer Rohmah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Sina
  • Zaenal Fanani STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang
Keywords: Kepemimpinan, Daya Saing Sekolah

Abstract

Kepemimpinan lebih efektif apabila didukung oleh sumber daya yang kuat dan iklim kerja sama yang baik agar bisa bersaing. Daya saing sekolah memiliki peranan penting dalam eksistensi sekolah terutama di era global karena salah satu syarat bagi keberhasilan pendidikan adalah adanya sistem manajemen yang terstruktur dan pencitraan yang baik terhadap civitasnya agar tetap memiliki daya saing kuat dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Model kepemimpinan dalam peningkatan daya saing sekolah adalah model kepemimpinan transformasional profetik dengan pendekatan kepemimpinan kolektif kolegial dan pendekatan situasional yakni partisipatif leadership dan instruktif.

References

Amahzun, M., Manhaj Dakwah Rasulallah SAW. (Jakarta: Qisthi Press. 2004)

Antonio, S., Muhammad the Super Leader Super Manager, (Jakarta: Tazkia Multimedia & ProLM Centre, 2008)

Danim, S., Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008)

Hakawimbang, J.H., Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu, (Bandung : Alfabeta, 2012)

Kementerian Agama RI, Al Qur ‘an dan Terjemahannya: Surat An Nahl: 125

Komari, A. & Triana, C., Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Miles, M. B. & Huberman, A. M. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. (California: Sage Publishing, 1994)

Mujiasih, E. & Hadi, S., “Persepsi Gaya Kepemimpinan Transformasional (Jakarta: Salemba Empat, 2003)

Mulyasa, D., Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)

Nazim, F., & Mahmood, A., “Principals Transformational and Transactional Leadership style and Job Satisfaction Of College Teachers”. Dalam: Journal of Education and Practice (7)34, 2016

Rasmianto, “Kepemimpinan Kepala Sekolah Berwawasan Visioner-Transformatif Dalam Otonomi Pendidikan”. Dalam: El-Harokah (59), 2003)

Riyanto, Y., Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: SIC, 2001)

Sihotang, K., Urgensi Pemimpin Transformatif, (Suara Pembaharuan Daily, 2003)

Soetopo, H., (et.al.), Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 1984)

Sukamto, Kepemimpinan Kyai Dalam Pesantren, (LP3ES, Jakarta, 1999)

Umiarso, Kepemimpinan Transformasional Profetik, Kajian Paradigmatik Ontos Integralistik di Lembaga Pendidikan Islam. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2018)

Wahab, Abd. & Umiarso, Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spritual, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media, 2011)

Wahyusumidsjo, Kepemimpinan dan Motivasi, (Jakarta: Graha Indonesia. 1999)

Wibowo, SHOOT, Sharpening our Concept and Tools, (PT Syamil Cipta Media, Bandung, 2002)

Published
2023-09-16
How to Cite
Rohmah, N., & Fanani, Z. (2023). MODEL KEPEMIMPINAN DIREKTUR AL IZZAH MALANG DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH. An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 50-69. Retrieved from http://ejournal.stainumalang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/101