STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SMP ISLAM MUQORROBIN SINGOSARI MALANG

  • Endang Sih Pujiharti STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) Malang
Keywords: Marketing Strategy, Marketing Mix, Education Service

Abstract

So many educational institutions exist in today's society, causing competition in the field of education is also getting tougher. Therefore every educational institution must have a particular marketing strategy to be able to face the competition. This study aims to find out how the implementation of the marketing mix of educational services in increasing public interest in Islamic Middle School Muqorrobin Singosari Malang. This research uses a descriptive qualitative approach. Collecting data using interviews, observation and documentation. From the results of the study, it is known that Muqorrobin Islamic Middle School implements the 7P marketing mix, namely through the superiority and uniqueness of the products offered, pricing strategies to provide satisfaction to the community who use educational services, strategic and convenient location, promotional activities carried out, the competence of human resources, adequate physical evidence, as well as the learning process carried out.

References

Alfianto, A., Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Budaya Religius, Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 10 No.1, Februari 2020
Amiruddin, (et.al.), Pemasaran Jasa Lembaga Pendidikan Islam, (Yogyakarta: K-Media, 2021), Cetakan 1
Fatihudin, D. dan Firmansyah, A., Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan), (Sleman: Deepublish, 2019)
Halim, A., Manajemen Marketing Pendidikan Islam, Upaya Meningkatkan Bargaining Power MTs Nurul Islam Kapasbaru Surabaya, Al-Ibrah, Vol. 5 No. 1, Juni 2020
Halim, F., (et.al.), Manajemen Pemasaran Jasa, (Yayasan Kita Menulis, 2021)
Khasanah, A., Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturaden, el-Tarbawi, Volume VIII, No.2, 2015
Mundir, A., Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah, Malia, Volume 7, Nomor 1, Februari 2016
Riinawati, Marketing Pendidikan Islam Mengupas Strategi Marketing Berbasis Islam, (Yogyakarta: CV Madani Berkah Abadi, 2020)
Saleh, M.Y. & Said, M., Konsep dan Strategi Pemasaran, (Makassar: CV Sah Media, 2019)
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Bandung: Rineka Cipta, 2010)
Sugiyono, Metode OPenelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, dan Konstruktif), (Bandung: Alfabeta, 2018)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2010), Cetakan ke-10
Susanto, A., Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana, 2013)
Susetyarsi, T., Analisis Strategi Pengaruh Desain Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skuter Matik Yamaha Merek Mio Fino di Kota Semarang, Jurnal STIE Semarang, Vol., No 1, Edisi Juni 2013
Syaodih, N., Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2007)
Published
2023-09-16
How to Cite
Pujiharti, E. (2023). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DI SMP ISLAM MUQORROBIN SINGOSARI MALANG. An-Nahdliyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 33-49. Retrieved from http://ejournal.stainumalang.ac.id/index.php/annahdliyah/article/view/100